Penjelajahan Samudra Bangsa Portugis

Penjelajahan samudra bangsa Portugis ke daerah timur untuk mencari Tanah Hindia yang diyakini sebagai penghasil rempah-rempah.

A. Vasco da Gama


Penjelajah Portugis yang berhasil mendarat dan menguasai India
Berhasilnya Colombus menemukan sebuah daerah baru, membuat Raja Manuel I dari Portugis tertarik. Raja Manuel I memerintah seorang pelaut ulung yang bernama Vasco da Gama. Dirinya diperintahkan untuk melakukan ekspedisi menjelajahi samudra mencari Tanah Hindia. Sebelum Raja Manuel I memerintahnya, sebenarnya sudah ada pelaut lain yang melakukan pelayaran yaitu Bartholomeuz Diaz. Diaz melakukan pelayaran mencari daerah Timur dengan menelusuri pantai barat Afrika. Pada tahun 1488 Diaz mendarat di suatu ujung Selatan Afrika karena terkena serangan ombak besar. Tempat tersebut kemudian disebut Tanjung Harapan. Diaz tidak melanjutkan penjelajahannya dan memilih untuk kembali ke Portugis. Nah, lalu apa hubungannya dengan Vasco da Gama?

Vasco da Gama berangkat dari Pelabuhan Lisabon pada bulan Juli 1497. Dirinya mengambil rute yang pernah dilalui oleh Bartholomeuz Diaz. Dirinya juga mendarat di Tanjung Harapan. Dengan petunjuk pelaut bangsa Moor yang disewanya, Vasco da Gama melanjutkan pelayaran dengan menelusuri pantai Timur Afrika, kemudia berbelok ke kanan mengarungi Lautan Hindia. Pada tahun 1498 rombongan Vasco da Gama mendarat di Kalikut dan juga Goa di pantai barat India. Vasco da Gama sendiri sudah menyiapkan patok batu yang disebut Padrao. Batu ini sudah diberi pahatan lambang bola dunia. Setiap daerah yang sudah disinggahi akan dipasangi patok tersebut dengan maksud sebagai tanda bahwa daerah yang ditemukan itu merupakan milik Portugis. Bahkan di Goa, Vasco da Gama berhasil mendirikan kantor dagang yang dilengkapi benteng. Atas kesuksesannya, Vasco da Gama diangkat menjadi penguasa Goa atas nama pemerintahan Portugis.

B. Alfonso de Albuquerque


Penjelajah Portugis yang berhasil menguasai Malaka
Setelah beberapa tahun menguasai India, orang-orang Portugis menyadari jika India bukan penghasil rempah-rempah. Mereka mendengar bahwa Malaka merupakan kota pusat perdagangan rempah-rempah. Oleh karena itu, disiapkan ekspedisi lagi. Namun ekspedisi lanjutan ini tidak dipimpin Vasco da Gama, melainkan seorang bernama Alfonso de Albuquerque. Pada tahun 1511, armada lengkap dibawah pimpinan Alfonso de Albuquerque berhasil menguasai Malaka. Hal ini membuat Portugis semakin dekat dengan tujuan mereka yaitu Tanah Hindia yang tidak lain merupakan Indonesia. Jatuhnya Malaka ketangan Portugis menyebabkan perdagangan orang-orang Islam terdesak. Hal ini karena Portugis melakukan monopoli perdagangan. Tindakan ini juga mendapat protes dan desakan dari berbagai pihak. 

Pada tahun 1512 terjadi perlawanan yang dilancarkan oleh Pate Kadir (Katir). Dia adalah seorang tokoh masyarakat yang pemberani. Kadir menjalin hubungan dengan Hang Nadim untuk melawan Portugis. Perlawanannya terjadi di laut dan pusat kota. Akan tetapi, karena kalah dalam persenjataan, pasukannya harus mengalami kekalahan. Dirinya kemudian melarikan diri ke Jepara kemudian ke Demak. Selain dari Pate Kadir, Portugis juga mendapat perlawanan dari penguasa Kerajaan Demak. Pasukan Demak, dibawah pimpinan Pati Unus bergabung dengan pasukan Pate Kadir. Tahun 1513, pasukan dengan 100 perahu dan ribuan pasukan melancarkan serangan besar-besaran ke Malaka, akan tetapi hasilnya tetap sama saja. Posisi Portugis semakin kuat dan monopoli dagangnya semakin meluas, bahkan hingga ke Indonesia.

Nah, menarik bukan perjalanan waktu kali ini. Portugis yang mendapat serangan tapi tetap kokoh, kira-kira apa ya sebabnya? Memang pada kenyataannya bangsa barat memang unggul dalam berbagai bidang sih, terutama pada masa itu. Tapi, kenapa Indonesia bisa merdeka dan bebas dari penjajahan hingga sekarang? Karena satu hal yang tidak diungguli oleh bangsa barat dari kita, yaitu semangat yang membara. Salah satu ciri bangsa kita adalah semangat yang membara bak kobaran api, bahkan hingga sekarang anak-anak Indonesia terus berkarya dengan keyakinan dan semangat api mereka. Ok jangan lupa share ya...

COMMENTS

Nama

Biografi,3,Lain-Lain,8,Mitologi,1,Sejarah,20,
ltr
item
Dewa Waktu: Penjelajahan Samudra Bangsa Portugis
Penjelajahan Samudra Bangsa Portugis
Penjelajahan samudra bangsa Portugis ke daerah timur untuk mencari Tanah Hindia yang diyakini sebagai penghasil rempah-rempah.
https://1.bp.blogspot.com/-zKQkj5Rry90/WPS7tx87w_I/AAAAAAAAAUc/xwF_KK-gFDgtGv_cLdVqojQ99l8QWSwPACLcB/s320/Screenshot_7.png
https://1.bp.blogspot.com/-zKQkj5Rry90/WPS7tx87w_I/AAAAAAAAAUc/xwF_KK-gFDgtGv_cLdVqojQ99l8QWSwPACLcB/s72-c/Screenshot_7.png
Dewa Waktu
https://www.gebraknusantara.com/2017/04/penjelajahan-samudra-bangsa-portugis.html
https://www.gebraknusantara.com/
https://www.gebraknusantara.com/
https://www.gebraknusantara.com/2017/04/penjelajahan-samudra-bangsa-portugis.html
true
765967344446276724
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy